Wisata Lebaran di Jogja

“Pulang ke kotamu, ada setangkup haru dalam kalbu…”Lagu Yogyakarta karya KLA Project yang dinyanyikan oleh musisi yang berada di stasiun Gubeng Surabaya mengiringi keberangkatan kereta api Sancaka menuju Yogyakarta. Haru rasanya sudah lama aku tak naik kereta, terakhir naik kereta saat mengantar simbah ke Jakarta akhir tahun 2010. Rasa lelah menunggu selama 2 jam di stastiun (transit) dari bandara Juanda alhamdulillah terobati dengan beristirahat dikereta sambil menunggu buka puasa. Kereta api zaman sekarang sudah on time dan dengan pelayanan prima. Fasilitas di kelas bisnis pun sudah ada AC dan kabel buat colokan charger hape atau laptop. Tak ada lagi pedagang keliling yang menawarkan minuman, makanan instant hingga alat pijat. Hampir tengah malam akhirnya kami sampai di stasiun Tugu kebanggan Jogja yang melegenda.

Rencana Mudik di Jogja yang menjadi agenda tahunan kami sebenarnya kami hanya ingin silaturahim keluarga. Tak ada agenda ke tempat wisata tertentu tapi adikku yang suka traveling merekomendasikan beberapa tempat yang asyik untuk kedua anakku. Makanya kesempatan waktu, tempat plus voucher tiket masuk gratis wahana wisata Sindu Kesuma Park tak kami lewatkan begitu saja. Mengenal tempat wisata baru yang menghibur dan juga mengedukasi. Kegiatan wisata lebaran yang sekali satu tahun kami manfaatkan untuk berwisata. ada tiga tempat yang kami kunjungi.

Pertama, wisata alam di Air Terjun Sri Getuk Gunung Kidul

Letaknya tak jauh dari rumah, masih satu kecamatan kurang lebih kami tempuh dalam waktu tak kurang dari setengah jam. Kami berangkat melewati jalanan kampung untuk mempersingkat waktu tempuh. sampai ditempat tujuan sudah ramai orang yang datang, maklum musim lebaran orang pada pulang kampung. Untuk menuju air terjun kami berjalan dulu sampai sungai. Disana kami memilih menaiki rakit yang akan mengantarkan kami menuju air terjun. Sampai di air terjun, anak saya yang awalnya tak begitu suka air pun akhirnya kecipak kecipuk main air dengan pengawasan kami. setelah cukup bermain, kami pun kembali dan membeli kelapa bakar, cemilan belalang dan nasi tiwul khas Gunung Kidul. Ya, pulang kampung salah satu hikmahnya bisa memberi manfaat ekonomi bagi penduduk lokal.

IMG_20150718_094941IMG_20150718_094454

Kedua,  Sindu Kusuma Park

Ini letaknya juga tak jauh dari rumah, meski ada yang lebih dekat yaitu taman pelangi di Monjali, berhubung adikku punya voucher tiket gratis, jadinya kami tak menyiakan fasilitas itu.  Di Sindu Kusuma Park, isinya banyak permainan seperti bianglala, kereta mini, sepeda, dll yang sifatnya hiburan. Kami pun mencoba bianglala dan kereta mini saja karena hari juga sudah sore keburu mataharinya tenggelam. hehe

IMG_20150721_171604_HDRIMG_20150721_172100IMG_20150721_170612

Ketiga, Gembira Loka Zoo

Ini kali pertama bagi anak keduaku Zanki. Sebelumnya pernah ke GL Zoo waktu Zanki dalam kandungan tahun 2013. Namun di tahun ini kami banyak men-skip kunjungan karena padatnya pengunjung GL Zoo. Karena itu, kami tak bisa melihat binatang-binatang dengan nyaman. Musim libur lebaran memang membawa berkah bagi objek wisata seperti GL Zoo ini.

IMG_20150722_110448IMG_20150722_104919IMG_20150722_104251_HDR

NB: Postingan telat tapi gak papa lah yaa,, jadi turis lokal itu mengasyikan.